Jumat, 07 Maret 2014



KISI-KISI SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GENAP
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Sekolah             : SMP N 2 Temanggung                                                            Jumlah Soal       : 40
Mapel/ Kelas    : Matematika/ VIII                                                                                                                                                           Bentuk Tes/ Soal : Pilihan Ganda
Alokasi Waktu : 120 menit                                                                                                                                         

No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Kelas/ Semester
Materi Pokok
Indikator
Nomor Soal

3. Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah
3. 1  Mengguna  kan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah
VIII/ 2
Teorema Phytagoras
Siswa dapat menentukan bilangan triple phytagoras
1,2





Siswa dapat menentukan rumus segitiga siku-siku
4





Siswa dapat menentukan jenis segitiga jika sisi-sisinya diketahui
5





Siswa dapat menentukan sisi suatu segitiga siku-siku, jika dua sisi yang lain diketahui
3,6, 11





Siswa dapat menentukan perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku dengan sudut istimewa (30, 45, 60)
10


3. 2 Memecahkan masalah pada bangun datar yang berkaitan dengan Teorema Pythagoras

Teorema Phytagoras
Siswa dapat menghitung tinggi bangun segitiga






Siswa dapat menghitung keliling dan  luas sbagun datar menggunakan teorema phytagoras.
7,8, 9, 12,13





Siswa dapat menyelesaikan soal cerita menggunakan teorema phytagoras
14
1
4. Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya
4.1 Menentu kan unsur dan bagian
VIII/ 2
Lingkaran
Siswa dapat menyebutkan unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran.
15, 16
4.2 Menghitung keliling dan luas lingkaran

VIII/ 2
Lingkaran
Siswa dapat menentukan hubungan antara luas (L), jari-jari(r) dan diameter(d) lingkaran.
17, 18
Siswa dapat menghitung luas dan keliling lingkaran.
19, 20
Siswa dapat menghitung luas lingkaran jika keliling  lingkaran diketahui
21
Siswa dapat menghitung keliling lingkaran jika luasnya diketahui
22
Siswa dapat menentukan perbandinga keliling atau luas dua lingkaran yang berjari-jari r1 dan r2  
23
Siswa dapat menentukan keliling dan luas  suatu bangun atau daerah arsiran.
27, 29
Siswa dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan keliling dan luas lingkaran.
24, 26, 30, 31


4.3 Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah


VIII/ 2
Lingkaran
Siswa dapat menentukan jari-jari lingkaran jika besar sudut dan panjang busur diketahui.

Siswa dapat menghitung luas tembereng.
25
Siswa dapat menentukan besar sudut dengan menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur dan luas juring.
34, 35,36
Siswa dapat menentukan besar suatu sudut menggunakan hubungan sudut pusat, sudut keliling, dan segiempat tali busur.
37, 38, 39, 40
                                                                                                                                                                                                                                                      Temanggung,   Maret 2014                 


                                                                                                                                                                                                      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar