KISI-KISI SOAL ULANGAN
AKHIR SEMESTER GENAP
MATA PELAJARAN :
MATEMATIKA
TAHUN PELAJARAN
2013/2014
Sekolah :
SMP N 2 Temanggung Jumlah Soal :
40
Mapel/ Kelas : Matematika/ VIII Bentuk Tes/ Soal : Pilihan Ganda
Alokasi
Waktu : 120 menit
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Kelas/ Semester
|
Materi Pokok
|
Indikator
|
Nomor Soal
|
|
3. Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan
masalah
|
3. 1 Mengguna kan Teorema Pythagoras dalam pemecahan
masalah
|
VIII/ 2
|
Teorema Phytagoras
|
Siswa dapat menentukan bilangan
triple phytagoras
|
1,2
|
|
|
|
|
|
Siswa dapat menentukan rumus
segitiga siku-siku
|
4
|
|
|
|
|
|
Siswa dapat menentukan jenis
segitiga jika sisi-sisinya diketahui
|
5
|
|
|
|
|
|
Siswa dapat menentukan sisi suatu
segitiga siku-siku, jika dua sisi yang lain diketahui
|
3,6, 11
|
|
|
|
|
|
Siswa dapat menentukan
perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku dengan sudut istimewa (30, 45, 60)
|
10
|
|
|
3. 2 Memecahkan masalah pada bangun datar yang berkaitan
dengan Teorema Pythagoras
|
|
Teorema Phytagoras
|
Siswa dapat menghitung tinggi
bangun segitiga
|
|
|
|
|
|
|
Siswa dapat menghitung keliling
dan luas sbagun datar menggunakan
teorema phytagoras.
|
7,8, 9, 12,13
|
|
|
|
|
|
Siswa dapat menyelesaikan soal
cerita menggunakan teorema phytagoras
|
14
|
1
|
4.
Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya
|
4.1 Menentu kan unsur dan bagian
|
VIII/ 2
|
Lingkaran
|
Siswa dapat menyebutkan
unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran.
|
15, 16
|
4.2 Menghitung
keliling dan luas lingkaran
|
VIII/ 2
|
Lingkaran
|
Siswa dapat menentukan hubungan
antara luas (L), jari-jari(r) dan diameter(d) lingkaran.
|
17, 18
|
||
Siswa dapat menghitung luas dan
keliling lingkaran.
|
19, 20
|
|||||
Siswa dapat menghitung luas
lingkaran jika keliling lingkaran
diketahui
|
21
|
|||||
Siswa dapat menghitung keliling
lingkaran jika luasnya diketahui
|
22
|
|||||
Siswa dapat menentukan perbandinga
keliling atau luas dua lingkaran yang berjari-jari r1 dan r2
|
23
|
|||||
Siswa dapat menentukan keliling
dan luas suatu bangun atau daerah
arsiran.
|
27, 29
|
|||||
Siswa dapat menyelesaikan masalah
dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan keliling dan luas
lingkaran.
|
24, 26, 30, 31
|
|||||
|
|
|||||
4.3
Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan
masalah
|
VIII/ 2
|
Lingkaran
|
Siswa dapat menentukan jari-jari
lingkaran jika besar sudut dan panjang busur diketahui.
|
|
||
Siswa dapat menghitung luas
tembereng.
|
25
|
|||||
Siswa dapat menentukan besar sudut
dengan menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur dan luas juring.
|
34, 35,36
|
|||||
Siswa dapat menentukan besar suatu
sudut menggunakan
hubungan sudut pusat, sudut keliling, dan segiempat tali busur.
|
37, 38, 39, 40
|
Temanggung,
Maret 2014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar